Tingkatkan kompetensi dan daya saing lulusan, SMKN 1 Abung Selatan gandeng industri melaksanakan Giat P5 Dengan Tema Kebekerjaan

Lampung Utara- harianmonitor.com SMKN 1 Abung Selatan sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Vokasi memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia. Salah satu upaya yang sedang dilaksanakan untuk mendukung peran tersebut SMKN 1 Abung Selatan menggandeng Industri melaksanakan Giat P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan Tema Kebekerjaan, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 – 28 Februari 2024 bagi kelas X, XI, dan XII. Setiap kelas didampingi oleh fasilitator, Untuk kebekerjaan kelas X lebih menekankan pada impian dan cita-cita dengan harapan peserta didik dapat menentukan tujuan hidup yang ingin dicapai dengan memiliki impian dan cita-cita .

Modul yang dirancang dengan tim modul P5, dimana modul ini diberikan kepada fasilitator untuk mencapai kegiatan kurikuler dan kokurikuler yang bertema kebekerjaan, di mana nantinya fasilitator diharapkan menggali informasi terlebih dahulu tentang karakter kompetensi keahlian masing-masing kelas dan dapat menuntun peserta didik terkait hal lain yang dapat diwujudkan melalui impian dan cita-cita mereka.

Untuk kelas XI dengan tema kebekerjaan berjudul berkarya dan bersikap dengan 5 R dan sesuai SOP, disini dengan harapan peserta didik menunjukkan  kebiasaan bekerja sesuai dengan budaya kerja industri 5R (ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin) atau sesuai dengan prosedur.

Diharapkan fasilitator dapat menggali informasi  terlebih dahulu kepada peserta didik terhadap 5R dan SOP dalam dunia industri untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan P5 kebekerjaan di kelas XI dengan harapan nantinya peserta didik dapat menerapkan saat disekolah maupun saat nanti mulai melaksanakan PKL.

 

Untuk kelas XII dikemas dalam Kegiatan job fair bekerjasama dengan industry baik dalam bentuk sebagai guru tamu industry oleh PT Sumber Alfaria Trijaya, juga perekrtutan tenaga kerja oleh Star Internasional hotel school, PT Germany Indonesia Professionals (GIP), juga PT Arashi yang melaksanakan proses perekrutan secara langsung di SMKN 1 Abung Selatan.

Kegiatan ini tentu diharapkan dapat memberikan wawasan industry secara langsung kepada siswa agar benar-benar siap bekerja dan berwirausaha sebagai goal dari Pendidikan vokasi. (rls SMKN 1 Absel)

 

About The Author