Menunggu Besutan tangan dingin Umar Ahmad, menuju pembangunan Lampung yang berbudaya

Oleh Muharis Wijaya

 

Umar Ahmad terlahir di sebuah desa bernama Karta, 12 Oktober 1980 dan Umar Ahmad pernah menjabat Bupati Tulang Bawang Barat 2 periode yakni 2014—2017 dan 2017—2022. Selama menjabat bupati Tulang Bawang Barat Banyak hal yang sudah ditorehkan oleh Umar Ahmad antara lain Membangun Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga lebih dikenal masyarakat Lampung dan menjadi destinasi wisata dan studi pembangunan serta budaya Lampung.


Selain keberhasilan dalam pembangunan dan destinasi wisata Umar Ahmad pun mendapatkan beberapa penghargaan antara lain meraih penghargaan dibidang kebudayaan yaitu Penghargaan dan penganugrahan Kebudayaan dan Literasi Media PWI Pusat yang bertepatan dengan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kalimantan Selatan dan Menerima penghargaan Tijindarbumi dalam katagori sebagai Kepala Daerah perduli kepada media massa (pers) tahun 2021.

Dalam bidang pemerintahan Umar Ahmad menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) laporan hasil Pemeriksaan BPK RI atas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan keuangan Daerah oleh BPK. Penghargaan diserahkan oleh menteri keuangan dalam acara rakernas di gedung DhanapalaKementerian Keuangan RI Jakarta


Di Dunia pendidikan Umar Ahmad ikut berkontribusi, membantu dan mendukung percepatan pembangunan ITERA dan atas kontribusinya tersebut mendapatkan Penghargaan Adi Karsa Pratama yang diserahkan langsung oleh Rektor ITERA pada acara Sidang Terbuka Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dalam rangka Dies Natalis ke-7 Tahun 2021. Selain itu aktif menjadi pembicara dalam seminar dan diskusi ilmiah di kampus.


Di dunia kesehatan Umar pernah mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya yang ditetapkan Presiden Jokowi atas darmabaktinya kepada bangsa dan negara. Penyerahan tanda kehormatan tersebut dilakukan pada puncak Peringatan ke-29 Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2022, di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara.


Dalam bidang sosial dan kepemudaan Umar Ahmad pernah mendapatkan penghargaan Satyalancana Dharma Adhitya Karya Mahatva Yodha (AKMY) dari Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) dan Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PNKT Didik Mukrianto dalam Malam Penganugerahan AKMY Award 2022,di Balai Kota Surakarta.

Dalam bidang pelayanan masyarakat mendapat penghargaan dari Kapolda Lampung atas dedikasinya dan prestasinya memfasilitasi pembangunan dan terbentuknya Mapolres kabupaten setempa serta inisiasi Kampung Tangguh Nusantara, di Brugo Cottage, Komplek Islamic Center, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang. Selain itu penghargaan tersebut diberikan atas prestasi mendukung dan memfasilitasi jajaran kepolisian melaksanakan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam bidang pertanian Umar Ahmad yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Umar Ahmad mendapatkan penghargaan jadi ketua terbaik di HKTI, dan Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Jenderal (Purn) Moeldoko kepada Umar Ahmad sebagai ketua DPD HKTI terbaik se-Indonesia pada peringatan HUT ke-50 HKTI di Hotel Discovery Ancol, Jakarta.

Semoga dengan karya-karya Umar Ahmad yang selalu mendapatkan penghargaan dan apresiasi di berbagai bidang tersebut menjadi motivasi masyarakat Lampung untuk mendukung Umar Ahmad menjadi pemimpin di provinsi Lampung. Kita berharap dengan tangan dinginnya, pemuda yang bernama Umar Ahmad tersebut mampu membangun Propinsi Lampung yang berbudaya dengan segala tantangannya.

About The Author