Desa BKR Melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan RPJMDes 2024-2029

Bandar Kagungan Raya – harianmonitor.com  BPD desa BKR menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan RPJMDes 2024-2029 desa BKR.Turut hadir Tamu Undangan Efendi(Kasi pembangunan kec)
Mitha,Putra(Pendamping desa) Refki S.kom (Korcam kec)Eti (Kasi Kesra kec)
Tubagus (Pendamping Desa BKR)
Bertempat di Balai Desa BKR dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat desa meliputi BPD, LPMD, KPMD, PKK,Tokoh Masyarakat.Tokoh Agama,Tokoh Adat,Bidan Desa & Ketua Karang Taruna,kamis
5 ok 2023.

Kepala Desa BKR Imzak Zulkarnain, menyampaikan bahwa rapat musdes RPJMDes ini adalah kewenangan BPD. MusrenbangDes ini secara dilaksanakan untuk pembngunan jangka panjang secara estafet untuk merencanakan pembangunan baik fisik dan non fisik. Untuk pembangunan yang telah dilaksanakan maupun yang belum terlaksana, beliau juga mengajak semua masyarakat untuk sama-sama memprioritaskan apa yang telah diusulkan untuk rancangan yang ingin dibangun, agar nantinya jika terealisasi yang dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat.

 

Musrenbangdes tahun 2024 di pimpin langsung oleh ketua BPD Desa BKR Akbar Justitia S.H beliau mengungkapkan, pelaksanaan Musdes ini adalah titik sejarah bagi pemerintah desa BKR, dimana pelaksanaan Musdes oleh BPD sesuai mekanisme dan tupoksi BPD. Dengan adanya mesrenbangdes ini bisa menjadi satu keakraban masyrakat kepada pemerintahan Desa BKR untuk memajukan Desa Bersama-sama. Musyawarah Desa ini juga menjadi harapan baru bagi masyarakat untuk menjadi dasar pijakan melaksanakan pembangunan desa di tahun 2024-2029. Melalui Musrenbangdes ini masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa sehingga terwujud pemerataan pembangunan didesa BKR.

Adapun sambutan Usulan-usulan Dari Pada Kadus,Rt masyrakat sangat antusias menjalani Musrenbangdes tersebut.

Sementara itu kecamatan Abung Selatan yang diwakili oleh Kasi Pembangunan Efendi, Dalam sambutannya mengajak semua unsur yang terkait untuk saling bersinergi dalam membangun desa dan usulan pihak pihak terkait nanti agar mendahulukan yang paling diperlukan masyarakat (prioritas), tentunya dengan mengacu pada program RPJMDes yang telah disusun. Hal senada juga disampaikan Ibu Mitha & Refki selaku pendamping desa Kecamatan. ”Untuk pembangunan infrastruktur kita harus prioritaskan hal yang sangat mendesak dan yang bersentuhan dengan masyarakat langsung. Kita harus menjaga apa yang telah dibangun oleh pemerintah desa melalui DD dan ADD, karena kedepannya kita belum tahu apakah ada nantinya dana dari pusat. Sebab, jika pemimpin kita berganti kebijakan bisa saja berubah. Oleh karena itu mari kita sama-sama menjaganya,” ujarnya.

Acara Musyawarah Desa berjalan lancar, dinamika rapat terlihat dengan munculnya berbagai usulan yang muncul dari peserta rapat dari perwakilan masing-masing Dusun dan Masyarakat. (Piyan).

About The Author