DESA BANDAR KAGUNGAN RAYA SIAP SUKSESKAN GERAKAN INTERVENSI SERENTAK PENCEGAHAN STUNTING. 

 

LAMPUNG UTARA – harianmonitor.con Mengutip laman Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) pada bulan Juni, Pemerintah melaksanakan pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024.

Kegiatan pengukuran dan intervensi serentak ini dilakukan secara Nasional di 38 Provinsi dan diharapkan mendapat data akurat by name by address, yang nantinya menjadi dasar pemberian intervensi program yang semakin terarah dan tepat sasaran.

Pemerintah Desa Bandar Kagungan Raya, dengan sangat antusias turut andil dalam kegiatan ini dengan mengadakan acara intervensi serentak pencegahan Stunting wilayah Kecamatan Abung Selatan, bertempat di Balai Desa Bandar Kagungan Raya, Pada Jum’at (07/06/2024).

Pada kegiatan tersebut, Ketua Kapuskes Kalibalangan Hj Titi Sunarti S.ST M.Kes mengatakan, bahwa pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting ini menandakan keseriusan Pemerintah untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan sekaligus penanganan stunting. Hal ini merupakan kebijakan inovatif sebagai gerakan bersama sekaligus bentuk refleksi dari upaya semua stakeholder, khususnya di Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa.

Dirinya berharap, di bulan ini seluruh pihak dapat bekerja sama memperbaiki kondisi tumbuh kembang anak sehingga dapat mencegah terjadinya kasus stunting baru melalui kegiatan pengukuran dan penimbangan serentak di semua posyandu desa maupun kelurahan yang ada di Desa Bandar Kagungan Raya ” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesdes Bandar Kagungan Raya Eka Bakti S.Tr mengingatkan, para ibu untuk memperhatikan asupan makanan untuk anak-anak, Ia menyarankan untuk memberikan makanan yang sehat, bukan makanan cepat saji ataupun kudapan yang mengandung bahan pengawet, pemanis, dan pewarna buatan, agar anak-anak tumbuh sehat, cerdas, dan ceria. Karena anak-anak ini nantinya akan menjadi penerus bangsa menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Sementara itu, Kepala Desa Bandar Kagungan Raya, Imzak Zulkarnain menyampaikan, Bahwa melalui kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting ini saya berharap dapat memberikan motivasi dan semangat kepada kita semua untuk terus berusaha, dan ssaling bahu membahu dalam percepatan penurunan stunting hingga mencapai target di tahun 2024 ini.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sherly Monica Bidan Desa
Babinsa Serka Deni Arianto
Babinkantimnas Eko Ardiansyah
Nur Etika Ketua PKK Desa Babdar Kagungan Raya
Para kader posyandu
Kadus, RT serta Karang Taruna dan Perangkat Desa setempat. (Red)

About The Author